13 Oktober 2012

pengantar bisnis (tugas 4)

PENGANTAR BISNIS
 
Makna dari Bisnis adalah Bisnis dengan segala macam bentuknya terjadi dalam kehidupan kita sehari – hari. Bahasa Indonesia mengartikan Bisnis adalah Usaha Dagang, Usaha komersial di dunia dagang, & bidang usaha.

 Ada beberapa macam definisi dari Bisnis yang di  ungkapkan yaitu

-  menurut Skinner (1992) mendefinisikan bisnis sebagai pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberi manfaat
 - Menurut Anoraga dan Soegiastuti (1996), bisnis memiliki makna dasar sebagai “the buying and selling of goods and services”.
-  Dalam pandangan Atraub dan Attner (1994), bisnis tak lain suatu organisasi yang menjalankan aktivitas produksi dan penjualan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan oleh konsumen untuk memperoleh profit.  Barang yang dimaksud adalah suatu produk yang secara fisik memiliki wujud (dapat dilihat dengan indra),
-  sedangkan jasa adalah aktivitas-aktivitas yang memberi manfaat kepada konsumen atau pelaku bisnis.
(Muhammad, K. W dan Yusanto, 2002:15). Straub dan Attner (1994) mendefinisikan bisnis adalah suatu organisasi yang menjalankan aktivitas produksi dan penjualan barang dan jasa yang diinginkan oleh konsumen untuk memperoleh profit.

 Dari semua difinisi di atas dapat di simpulkan bahwa bisnis adalah Suatu organisasi/pelaku bisnis melakukan aktivitas bisnisnya dengan memproduksi/mendistribusikan barang atau jasa, lalu mencari profit yang maksimal dengan cara yang baik tanpa menyalahi aturan yang berlaku/tidak curang/tidak haram, terus memberikan kepuasan pada konsumen, memproduksi barang yang tidak dapat merugikan diri sendiri & orang banyak dan melayani konsumen dengan sebaik-baiknya.


                 Pengertian dari Bisnis
 adalah, bisnis berasal dari kata Business yang berarti Busy yang artinya sibuk, sibuk mengerjakan kegiatan dan aktivitas yang mendatangkan keuntungan. Bisnis juga di artikan sebagai suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainya (ilmu ekonomi). Bisnis adalah kegiatan yang di lakukan oleh induvidu atau kelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (creat value) melalui menciptakan barang & jasa ( creat of good and service)untuk memenuhi kebutuhan masyarakat & memperoleh keuntungan melalui transaksi. 
Bisnis dalam arti luas umum adalah menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari – hari. Maksud dari Bisnis adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri dengan membentuk organisasi formal atau pun informal/masyarakat luas dengan tukar menukar barang/jasa dengan alat pembayaran resmi yang bertujuan memenuhi kebutuhan dengan saling memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Binis juga bisa di maksudkan dalam aktivitas manusia yang mengarah pada peningkatan nilai tambah sesuatu melalui suatu proses penyerahan jasa, perdagangan ata/u pengolahan barang yang di sebut proses produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia & guna memaksimalkan nilai keuntungan. Konteksnya bisa induvidu, komunitas ataupun masyarakat. 
                  Kemunculan Bisnis itu sendiri bermula dari Masyarakat “Primitif”lalu lanjut ke masyarakat Masyarakat “Barter” yaitu system transaksi bisnis dengan cara kedua pihak saling tukar menukar dengan barang yang nilainya sama, berkembang ke Masyarakat “Spesialisasi Horizontal & Diferensiasi/Vertikal, kemudian berkembang menjadi Masyarakat “Alat pembayaran dengan Uang” yaitu transaksi bisnis yang menggunakan Uang untuk menjadi alat pembayaran yang sah untuk pembeliang barang/jasa.
                Dalam Bisnis mempunyai beberapa macam jenis, berdasarkan kegiatannya bisnis terbagi menjadi Bisnis Ekstraktif yaitu bisnis/badan usaha yang pengelolaannya tergantung pada apa yang di hasilkan oleh sumber daya alam Contohnya Bisnis Ekstraktif yaitu PT PERTAMIN pengelolaan minyak bumi & gas, PT INCO mengelola nikel, PT BARAWAJA pengelolaan Besi, Bisnis Agraris yaitu bisnis/badan usaha yang berusaha membudidayakan tumbuh – tumbuhan yang berkaitan dengan pertanian Contoh bisnisnya yaitu PT PERTANI mengelola hasil pertanian seperti gabah,palawijaya & PT Perkebunan XIV  mengelola hasil perkebunan seperti coklat, tebu & cengkeh, Bisnis Industri yaitu bisnis/badan usaha yang berusaha meningkatkan nilai ekonomis suatu barang Contoh bisnisnya adalah PT Semen Bosowa & PT Semen Sentosa, Bisnis Jasa yaitu bisnis/badan usaha yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan jalan menyediakan jasa kepada masyarakat Contoh bisnis di bidang jasa adalah Bosowa Taxi, Kereta Api, Perbankan BNI,BRI,Bank Mandiri :Jasa Asurani Bumi Putra. Berdasarkan Kegunaan/Manfaatnya bisnis di bagi menjadi beberapa macam yaitu Kegunaan Bentuk (Form Utility), Kegunaan Tempat (Place Utility), Kegunaan Waktu (Time Utility), Kegunaan Kepemilikan (Possesion Utility).
                 Yang dimaksud Sistem Perekonomian Cara suatu Negara untuk mengatur dan mengorganisasika kegiatan ekonominya dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat. Ada beberapa system ekonomi yaitu :
                               i.            system ekonomi Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting, Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Victor de Riqueti, marquis de Mirabeau pada tahun [1763], dan kemudian dipopulerkan oleh Adam Smith pada tahun 1776, Istilah merkantilis sendiri berasal dari bahasa Latin mercari, yang berarti "untuk mengadakan pertukaran," yang berakar dari kata merx, berarti "komoditas." Kata merkantilis pada awalnya digunakan oleh para kritikus seperti Mirabeau dan Smith saja, namun kemudian kata ini juga digunakan dan diadopsi oleh para sejarawan.
                             ii.            Sistem Ekonomi Kapitalisme yaitu system ekonomi kebebasan dalam memiliki kekayaan/perusahaan,bersaing di pasar,memilih/membuat barang atau jasa. 
                          iii.            Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi baang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Dalam sistem ini pemerintah bisa turut ambil bagian untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan kegiatan perekonomian yang berjalan, tetapi bisa juga pemerintah tidak ikut campur dalam ekonomi.
Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. Semua orang bebas malakukan kompetisi untuk memenangkan persaingan bebas dengan berbagai cara.
Ciri-ciri sistem ekonomi Kapitalis :
·       Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi.
Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu. Inidividu bebas memilih pekerjaan/ usaha yang dipandang baik bagi dirinya.
·       Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
Pasar berfungsi memberikan “signal” kepda produsen dan konsumen dalam bentuk harga-harga. Campur tangan pemerintah diusahakan sekecil mungkin. “The Invisible Hand” yang mengatur perekonomian menjadi efisien. Motif yang menggerakkan perekonomian mencari laba.
·       Manusia dipandang sebagai mahluk homo-economicus, yang selalu mengejar kepentingann (keuntungan) sendiri.
Kecenderungan Bisnis dalam sistem ekonomi Kapitalis
Perkembangan bisnis sangat dipengaruhi oleh sistem ekonomi yang berlaku. Kecenderungan bisnis dalam kapitalisme dewasa ini:
·       adanya spesialisasi
·       adanya produksi massa
·       adanya perusahaan berskala besar
·       adanya perkembangan penelitian.

                           iv.            Sistem Ekonomi Komunisme yaitu ekonomi pemerintah totaliter usaha yang di tentukan oleh pemerintah dan untuk masyarakat secara keseluruhan tidak ada kekayaan pribadi,
 
                             v.            Sistem Ekonomi Fasisme yaitu system ekonomi yang dari pemerintahan yang dictator bentuk perekonomian dimana pemerintah memiliki semua industry atau yang di sebut Negara Usaha, bisa juga di artikan sebagai suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Setiap orang tidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun tujuan sistem komunis tersebut belum pernah sampai ke tahap yang maju, sehingga banyak negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut. 
                           vi.            Sistem Ekonomi Sosialisme adalah bentuk system perekonomian yang bebas memilih usaha tetapi ada campur tangan pemerintah pada usaha kepentingan masyarakat, juga dapat diartikan Sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air, listrik, telekomunikasi, gas lng, dan lain sebagainya.
                       Dalam sistem ekonomi sosialisme atau sosialis, mekanisme pasar dalam hal permintaan dan penawaran terhadap harga dan kuantitas masih berlaku. Pemerintah mengatur berbagai hal dalam ekonomi untuk menjamin kesejahteraan seluruh masyarakat.Contohnya koprasi, serikat kerja dll,
                                       vii.            Sistem Ekonomi Demokrasi Ekonomi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945.
                    Bisnis juga memiliki kebijakan yang bertujuan untuk melindungi usaha – usaha kecil menengah karna para pengusaha bisnis kecil butuh kebijkan yang mampu memotivasi untuk perkembangan usaha tersebut agar lebih maju berkembang, Melindungi lingkungan hidup sekitar adalah salah satu tujuannya karna kita sebagai pembisnis tidak hanya memikirkan bisnis untuk memnuhi kebutuhan kita dan keuntungan yang sebesar – besarnya saja tetapi lingkungan sabagai faktor perkembangan binis juga harus di jaga kelangsungannya, Melindungi konsumen karna konsumen adalah juga faktor utama dalam bisnis kita jadi konsumen juga harus di lindungi agar tidak mersa kecewa, Pendapatan Pemerintah karna untuk di manfaatkan sebagai kepentingan masyarakat juga jadi harus ada kebijakan yan g mengatur bisnis tersebut agar tetap berjalan dan bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat luas.

Sumber Refrensi :
http://erin-anggraini.blogspot.com/2011/12/pengantar-bisnis.html

0 komentar:

Posting Komentar