21 Maret 2016

Tugas Kelompok (M3)

Tugas Kelompok Minggu Ke 4
Nama Kelompok :
Dewi Setiawati
Rico Putra D
Adityo Fajar
Kelas : 4eb12

1. No.7
Bebrapa perusahaan dari meksiko , jepang, cina dan india terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE).
Diminta kunjungi situs NYSE (www.NYSE.com). Identifikasi perusahaan di NYSE dari mexico, jepang,cina, dan india. Bagaimana perbandingan sejumlah perusahaan dari tiap Negara tersebut dengan perusahaan dari Negara lain dari daerah mereka masing-masing? Apa implikasi dari pola yang diamati tersebut?
Jawab :
Meksiko
1.      Azteca (BMV: AZTECA), sebelumnya TV Azteca, adalah konglomerat multimedia Meksiko yang dimiliki oleh Grupo Salinas. Ini adalah massa kedua terbesar perusahaan media di Meksiko setelah Televisa[1]. Pada tahun 2011, perusahaan ini bersaing diMeksiko dengan Televisa.
2.      Televisa merupakan perusahaan televisi Meksiko yang merupakan perusahaan media berbahasa Spanyol terbesar di dunia
3.      Teléfonos de México atau disingkat Telmex adalah perusahaan telekomunikasi dan penyelenggara jasa internet Meksiko yang menyediakan produk-produk dan layanan telekomunikasi di Meksiko, Brasil, Argentina, dan negara-negara lain di Amerika Latin
4.      Grupo Modelo
5.      Grupo Bimbo
Jepang
1.      Ajinomoto Co., Inc. adalah sebuah perusahaan Jepang yang memproduksi bumbu masak, minyak masak, makanan dan farmasi 
2.      Capcon,  adalah pengembang dan pembuat beberapa perangkat lunak permainan video yang bermarkas di Osaka, Jepang.
3.      Daihatsu Motor Co., Ltd, adalah perusahaan mobil Jepang tertua, yang dikenal dengan produk mobil-mobilnya yang berukuran kecil/kompak.
4.      Honda Motor Company, Ltd.  adalah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuterv asal Jepang
5.      Konami Corporation,  adalah pengembang dan pembuat dari berbagai permainan populer, kartu permainan, mesin ding-dong/arcade, anime, tokusatsu, mesin slot, dan permainan video
Cina
1.      China Minsheng Banking adalah sebuah perusahaan asal Republik Rakyat Tiongkok yang bergerak di sektor finansial. Fokus utama China Minsheng Banking adalah industri perbankan
2.      Beiqi Foton Motor Co., Ltd. sering disebut sebagai Foton atau BFC, adalah perusahaan otomotif yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok.
3.      People's Insurance Company of China adalah perusahaan asuransi yang bermarkas di Beijing, Tiongkok. Perusahaan ini terdaftar di Bursa Saham Hong Kong
4.      Grand China Air (GCA) adalah nama maskapai penerbangan yang berbasis di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, dengan kode IATA CN dan kode ICAO GDC.
5.      china Unicom atau China United Netcom (Hong Kong) Ltd  adalah perusahaan telekomunikasi milik negara di Republik Rakyat Tiongkok, didirikan pada tanggal 19 Juli 1994 oleh Departemen Industri Informasi dan disetujui oleh Dewan Negara.
India
1.      Air India adalah nama maskapai penerbangan India dengan kode IATA AI dan kode ICAO AIC, didirikan pada tahun 1932. Maskapai ini adalah bagian dari Air India Limited (AIL) dimiliki oleh pemerintah India.
2.      punjab National Bank, didirikan pada tahun 1895, adalah bank komersial milik negara terbesar kedua di India di depan Bank of Baroda dengan sekitar 5000 kantor cabang di seluruh 764 kota
3.      Bank of Maharashtra merupakan bank utama dari Maharashtra, yang beroperasi di Negara India. 
4.      HDFC Bank Limited adalah perusahaan jasa keuangan utama di India, 
5.      Bank Persediaan India (Reserve Bank of India, RBI) adalah bank sentral India yang didirikan pada 1 April 1935 berdasarkan "Act" Reserve Bank of India, 1934


2. no 11
Penetapan standar akuntansi di kebanyakan Negara meliputi penggabungan sswasta dan kelompok sektor umum. Sektor pribadi termasuk profesi akuntansi dan kelompok lainnya dipengaruhi oleh proses laporan keuangan seperti halnya pengguna dan yang menyiapkan laporan keuangan dan organisasi buruh. Sektor public termasuk agen pemerintah, termasuk departemen kewenangan pajak yang bertanggung jawab untuk undang-undang perniagaan dan komisi sekuritas. Pasar modal adalah pengaruh potensial lainnya.
Diminta: Lengkapi matrix yang menunjukkan apakah setiap kelompok ini secara signifikan mempengaruhi penetapan standar akuntansi di 5 negara yang telah dibahas di bab ini. Sebutkan semua kelompok dari yang teratas dan Negara paling bawah yang mengindikasikan pengaru pada setiap kelompok dengan ya atau tidak.


Pajak
Komisi Pasar Modal
Kementrian bertanggung jawab terhadap hukum potensial
China
Ya
Ya
Ya
Jepang
Ya
Ya
Ya
Amerika
Ya
Ya
Ya
Mexico
Ya
Ya
Ya
India
Ya
Ya
Ya


Amerika Serikat merupakan pusat perekonomian terbesar dan rumah bagi perusahaan-perusahaan besar bertaraf multinasional.
Jepang menjadi Negara dengan perekonomian tertinggi kedua serta menjadi rumah untuk bisnis-bisnis terbesar dunia.
Meksiko dan India merupakan Negara kapitalis akan tetapi dengan tekanan pemerintah pusat  serta kepemilikan pemerintah terhadap industri-industri penting.
Sedangkan pada area cina adalah yang terbesar dibandingkan dengan Negara lain. Perbandingan yang mencolok lainnya adalah pada nilai produk domestik kotor (GDP-gross domestic product) per kapita dan sektor.
 Amerika Serikat merupakan rekan dagang utama dari keempat Negara lainnya. Bahkan faktanya, Amerika Serikat adalah rekan dagang terbesar Jepang, Meksiko, dan India. Jepang juga memiliki perekonomian yang maju seperti yang terlihat oleh nilai GDP (secara absolute dan per kapita serta sektor) serta kapitalisasi stok pasar. Jepang juga merupakan rekan dagang utama Cina dan Meksiko, sebagai tambahan selain Amerika Serikat.

3. No.12

Amerika Serikat
Meksiko
Jepang
China
India
Penggabungan usaha: pembelian atau pooling
Pembelian
Pembelian
Keduanya
Pembelian
Keduanya
Goodwill
Kapitalisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi,amortisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi dan uji penurunan nilai
Kapitalisasi,amortisasi dan uji penurunan nilai
Asosiasi
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Penilaian asset
Harga perolehan
Penyesuaian khisaran harga
Harga perolehan
Harga perolehan
Harga perolehan
Biaya depresi
Berbasis ekonomi
Berbasis ekonomi
Berbasis pajak
Berbasis ekonomi
Berbasis ekonomi
Penilaian persediaan LIFO
Boleh
Tidak digunakan
Boleh
Dilarang
Dilarang
Kemungkinan rugi
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Sewa pembiayaan
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Pajak tangguhan
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Diakui (accrued)
Cadangan untuk memuluskan pendapatan
Tidak
Tidak
Tidak
Tidak
Beberapa

1. Rasio Likuiditas 
Fred Weston dikutip dari Kasmir (2008:129):  menyebutkan bahwa rasio likuiditas (liquidity ratio) merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban (utang) jangka pendek.  
Dalam rasio-rasio likuiditas, analisa dapat dilakukan dengan menggunakan rasio sebagai berikut: 
a. Rasio Lancar (Current Ratio) 
Rasio lancar merupakan rasio untuk  mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek atau utang yang segera jatuh tempo dengan aktiva lancar yang tersedia
                      Aktiva  Lancar
Current ratio = ----------------------- x 100%
                        Hutang  Lancar

b. Rasio Cepat (Quick Ratio atau Acid Test Ratio) 
Rasio  cepat merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban atau utang lancar dengan aktiva lancar tanpa memperhitungkan nilai persediaan.
                      Aktiva  Lancar −Persediaan
Quick Ratio = --------------------------------- x 
                            Hutang  Lancar

2. Rasio Profitabilitas  
Menurut Sofyan Safri Harahap (2008:304),  “Rasio profitabilitas adalah kemampuan perusahaan mendapatkan laba  melalui semua kemampuan, dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang dan sebagainya”.
a.  Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin) 
Margin laba kotor adalah ukuran persentase dari setiap hasil sisa penjulan sesudah perusahaan membayar harga pokok penjualan.
                                        Laba Kotor
Gross Profit Margin = ----------------------- x 100%
                                         Penjualan

b. Margin Laba Operasi (Operating Profit Margin) 
Margin laba operasi adalah ukuran  persentase dari setiap hasil sisa penjualan sesudah semua biaya dan pengeluaran lain dikurangi kecuali bunga dan pajak, atau laba bersih yang dihasilkan dari setiap rupiah penjualan.
                                      Laba  setelah  pajak
Operating Profit Margin = ----------------------- x 100%
                                             Penjualan

c. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin) 
Margin laba bersih adalah ukuran persentase dari setiap hasil sisa penjualan sesudah dikurangi semua biaya dan pengeluaran, termasuk bunga dan pajak. 

                              Laba  setelah  pajak
Net Profit Margin = ----------------------- x 100%
                                   Penjualan


Referensi:
Choi D.S. Frederick & Meek K. Gary. 2005. AKUNTANSI INTERNASIONAL, EDISI 5 BUKU 1. Jakarta : Salemba Empat.


0 komentar:

Posting Komentar