14 Maret 2016

Tugas Kelompok (M2)

TUGAS KELOMPOK
(Minggu 3)
Hal 107-108 , no.6, no.8, no.12
Nama kelompok :
·         Rico Putra d
·         Dewi Setiawati
·         Adityo Fajar

Kelas : 4eb12

1. soal no.6 : Bursa saham dunia berbeda kaitannya dengan perusahaan domestic melawan perusahaan asing yang terdaftar.
Diminta :
Masuk ke halaman situs The World Federation of Stock Exchanges (www.world-exchanges.org). Untuk setiap Negara yang dibahas dalam bab ini, identifikasi beberapa perusahaan domestic dan asing yang terdaftar. Bagaimana perbandingan Negara-negara tersebut dan apa saja implikasi dari pola yang telah diamati.

1. Perancis:
·         Air France, adalah maskapai nasional terbesar di Perancis.
·         L'Oréal Group, adalah sebuah perusahaan asal Perancis yang bergerak di sektor barang konsumsi.
·         Peugeot, sebuah merek mobil asal Perancis, dan merupakan anak usaha dari PSA Peugeot Citroën
·         Renault adalah sebuah produsen kendaraan Prancis yang didirikan pada tahun 1899.
·         Saint-Gobain S.A. adalah perusahaan multinasional Perancis, didirikan tahun 1665 di Paris dan berkantor pusat di pinggiran Paris. Awalnya merupakan produsen cermin, sekarang perusahaan ini juga memproduksi berbagai macam material konstruksi dan performa tinggi.
·         Carrefour, ialah sebuah kelompok supermarket internasional, berkantor pusat di Prancis.

2. Jerman
·         Allianz , merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis utamanya adalah asuransi.
·         Bayer AG, adalah sebuah perusahaan kimia dan farmasi Jerman yang didirikan pada tahun 1863 oleh Friedric Bayer yang bermarkas di Leverkusen, North Rhine-Westphalia, Jerman. Perusahaan ini terkenal dengan aspirinnya.
·         BMW (singkatan untuk Bayerische Motoren Werke), adalah sebuah perusahaan otomotif jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor. BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. 
·         Deutsche Post, merupakan perusahaan logistik dan jasa yang bermarkas di Bonn,Jerman. 
·         Siemens AG adalah salah satu perusahaan industri besar dunia. 
·         Adidas AG, juga dikenal sebagai adidas, adalah sebuah perusahaan sepatu Jerman

3. Republik ceko
·         AVG Technologies (sebelumnya bernama Grisoft), adalah perusahaan perangkat lunak antivirus asal Republik Ceko yang didirikan tahun 1991.
·         České dráhy (ČD),  merupakan sebuah perusahaan kereta api Republik Ceko.
·         Škoda Auto atau lebih dikenal sebagai Škoda, adalah sebuah produsen mobil asal Republik Ceko yang didirikan pada tahun 1895 sebagai Laurin & Klement.

4. Belanda
·         Aegon N.V.  merupakan sebuah perusahaan multinasional jasa keuangan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 dan berbasis di Den Haag, Belanda.
·         DAF Trucks NV, merupakan sebuah perusahaan transportasi yang berasal dari Belanda
·         Ahold, adalah sebuah pengecer internasional asal Belanda yang bermarkas di Amsterdam, Belanda.
·         KeyGene N.V. adalah perusahaan berbasis di Belanda yang bergerak di bidang riset dan pengembangan (R&D) genetika molekuler, khususnya teknologi DNA,  dengan fokus pada tanaman budidaya.
·         Nederlands Bijbelgenootschap, disingkat NBG, adalah sebuah lembaga di Belanda yang berfokus pada penerjemahan, penyebaran dan pemberian informasi mengenai Alkitab.
·         Akzo Nobel N.V. atau AkzoNobel, adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang cat dan kimia. Perusahaan ini bermarkas di Amsterdam, Belanda.

5. Inggris
·         British American Tobacco plc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai produk Rokok.
·         AEGIS Defence Services adalah perusahaan kontraktor militer yang berbasis di London
·         Cadbury Schweppes,  merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi permen dan minuman yang bermarkas di London, Inggris.
·         Codemasters, merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Southam, Inggris. Didirikan pada tahun 1986. Menghasilkan berbagai macam produk game.
·         Jaguar Cars adalah sebuah produsen mobil Britania.
·         Dunlop Tyres adalah perusahaan yang bermarkas di Fort Dunlop, Birmingham, Inggris dan terutama dikenal sebagai produsenban.

2. soal no 8 : beberapa perusahaan dari lima negara yang dibahas dalam bab ini telah terdaftar dalam New York Stock Exchange (NYSE)
Diminta : bagaimana perbandingan sejumlah perusahaan yang terdaftar dari lima negara dengan perusahaan lainnya di negara eropa? apa maksud semua pola tersebut?
Jawab :
New York Stock Exchange (NYSE) atau Bursa Efek New York merupakan salah satu dari dua bursa efek yang dioperasikan oleh NYSE Group, Inc. Ini adalah bursa efek tertua di Amerika Serikat sekaligus menjadi bursa tradisional terbesar di dunia. Perdagangan di lantai bursa dilakukan dengan sistem lelang ganda, ditangani oleh pialang yang mewakili pembeli dan penjual, dan oleh spesialis – satu untuk setiap efek yang terdaftar.
Adopsi SAK di Eropa yang efektif di tahun 2005
Pada bulan Juni 2002 , Uni Eropa mengadopsi Peraturan IAS membutuhkan perusahaan-perusahaan Eropa yang terdaftar di pasar sekuritas Uni Eropa , termasuk bank dan perusahaan asuransi , untuk menyiapkan laporan keuangan konsolidasi sesuai dengan SAK dimulai dengan laporan keuangan untuk tahun buku 2005 dan seterusnya .
Negara Uni Eropa memiliki pilihan untuk :
·         Membutuhkan atau mengizinkan SAK bagi perusahaan terdaftar .
·          Membutuhkan atau mengizinkan IFRS di perusahaan induk ( unconsolidated ) laporan keuangan
·          Izin perusahaan yang hanya tercatat sekuritas surat utang untuk menunda adopsi IFRS sampai tahun 2007 .
·          Izin perusahaan yang terdaftar di bursa luar Uni Eropa dan yang saat menyiapkan laporan keuangan utama mereka menggunakan non - Uni Eropa GAAP ( dalam banyak kasus ini akan menjadi US GAAP ) untuk menunda adopsi IFRS sampai tahun 2007.
·         Peraturan Eropa IAS tidak hanya berlaku untuk negara-negara anggota Uni Eropa 28 tetapi juga untuk tiga anggota Area Ekonomi Eropa ( EEA ) - Islandia, Liechtenstein , dan Norwegia .
Berikut adalah 5 negara eropa yang di bahas di buku
1.       Perancis
Akuntansi update standar dan informasi latar belakang dari Deloitte IAS Ditambah layanan.
·         Autorité des NORMES Comptables ( ANC )
·         The French otoritas standar akuntansi , yang menggantikan Conseil National de la Comptabilité ( Dewan Nasional Akuntansi ) dan Comité de la Réglementation Comptable ( Akuntansi Komite Aturan ) pada tahun 2010 .Kode akuntansi nasional
·         Rencana comptable général ( PCG )
Bagan Standarisasi akun diproduksi oleh ANC , termasuk rekening Model dan catatan . Versi bahasa Inggris tersedia tetapi mungkin tidak up- to-date .
Asosiasi Akuntansi dan kelompok nasional
·         Asosiasi British Akuntan di Perancis ( ABAF )
·         Centre de Formation de la Profesi Comptable ( CFPC )
·         Compagnie Nationale des Commissaires aux Comptes ( CNCC )
·         Fédération Internationale des Ahli Comptables Francophones ( FIDEF )
·         Institut Français des Ahli Comptables
·          Ordre des Ahli Comptables ( OEC )
·         Asosiasi Francophone de Comptabilité ( AFC )
·         Fédération Internationale des Ahli - Comptables et aux Commissaires Comptes Francophones ( FIDEF )
·          Federasi Akuntan Eropa ( FEE )
·          Federasi Mediterania Akuntan ( FCM )

perbandingan

Menerapkan IFRS : Sebuah ekstrak dari IFRS dibandingkan dengan US GAAP dan Perancis GAAP ( KPMG )
Ekstrak dari perbandingan KPMG GAAP diterbitkan pada bulan Februari 2003. Ringkasan terlihat di latar belakang regulasi , isu-isu umum yang berkaitan dengan laporan / rekening keuangan , pos-pos neraca tertentu, unsur laporan laba rugi spesifik dan topik khusus .

2.       Jerman
Undang-undang Akuntansi 1985 secara khusus menentukan isi dan bentuk laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi, catatan atas laporan keuangan, laporan manajemen, dan laporan auditor.
Institut Jerman memberikan konsultasi dalam berbagai tahap pembuatan hukum yang mempengaruhi akuntansi dan pelaporan keuangan, namun demikian tetap saja ketentuan hukumlah yang paling utama.
·         German Cormercial Code ( HGB )
·         German Accounting Standarts Board
·          Financial Reporting Enforcement Panel
·          Chamber of Accountants
Perbandingan
Ciri utama sistem pelaporan keuangan di Jerman adalah laporan secara pribadi oleh auditor kepada dewan direktur pengelola perusahaan dan dewan pengawas perusahaan laporan ini berisi pendapat terhadap prospek mada depan perusahaan dan khususnya factor factor yang mengancam kelangsunganhidup perusahaan.
Sistem pelaporan keuangan dijerman adalah laporan secara pribadi oleh auditor kepada dewan direktur pengelola perusahaan dan dewan pengawas perushaan, laporan auditor tidak tersedia bagi pemengang saham. Laporan ini berisi pendapat terhadap prospek masa depan perushaan, dan khususnya yang mengancam kelangsungan hidup perusahaan.
Legislasi yang diberlakukan pada tahun 1998 memperbolehkan perusahaan yang mengeluarkan utang atau ekuitas pada pasar modal teroganisir untuk menggunakan standar yang diterima secara internasional ( IFRS atau GAAP AS ) dalam laporan keuangan konsolidasi sebagai ganti hukum komersial jerman ( KapAEG ).
3.       Republik Ceko
Setelah tahun 1989, Cekoslowakia bergerak dengan cepat menuju perekonomian berorientasi pasar. Akuntansi beralih kembali kedunia barat, dan kali ini mencerminkan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Direktif Uni Eropa
Comercial code yang baru dibuat oleh parlemen ceko pada tahun 1991dan efektif pada tahun 1992 di pengaruhi undang-undang perdagangan austria yang lama dan mencontoh pada undang-undang perdagangan jerman.
Perbandingan
Metode akuisisi (pembelian) digunakan untuk mencatat penggabungan usaha. Goodwill dihapusbukukan pada tahun pertama konsolidasi atau dikapitalisasi dan diamortisasi selama tidak lebih dari 15 tahun. Aktiva berwujud dan tidak berwujud dinilai sebesar biaya perolehan dan dihapusbukukan selama perkiraan masa manfaat ekonominya. Persediaan dinilai sebesar yang lebih rendah antara biaya perolehan atau nilai pasar dan metode FIFO dan rata-rata tertimbang merupakan asumsi arus biaya yang diperbolehkan (LIFO tidak termasuk). Biaya penelitian dan pengembangan boleh dkapitalisasikan dan aktiva sewa guna usaha umumnya tidak dikapitalisasikan. Pajak penghasilan tangguhan dicatat apabila mungkin terjadi dan dapat diukur dengan andal serta cadangan wajib juga diharuskan.

4.       Belanda
Regulasi di Belanda tetap liberal hingga tahun 1970 ketika undang-undang Laporan Keuangan Tahunan diberlakukan.  Undang-undang tersebuat merupakan bagian dari program besar perubahan dalam Uni Eropa yang akan terjadi. Provisi utama undang-undang tahun 1970 tersebut, yaitu :
·         Laporan keuangan tahunan harus menunjukkan gambaran yang wajar mengenai posisi dan hasil keuangan selama satu tahun, dan seluruh pos di dalamnya harus dikelompokkan dan dijelaskan secara memadai .
·         Laporan keuangan harus disusun sesuai dengan praktik usaha yang baik (yaitu prinsip akuntnasi dapat diterima oleh kalangan usaha)
·         Dasar penyajian aktiva, kewajiban, dan penentuan hasil operasi harus diungkapkan
·         Laporan keuangan harus disusun sesuai dengan dasar yang konsisten dan pengaruh material dari perubahan dalam prinsip akuntansi harus diuangkapkan secukupnya.
·         Informasi keuangan komparatif untuk periode sebelumnya harus diungkapkan dalam laporan keuangan dan  catatan kaki yang menyertainya.
Perbandingan
·         Dasar penilaian yang dipakai adalah historical cost, dan intangible assets pun harus dinilai berdasrkan historical cost. 
·         Depresiasi biasanya berdasarkan garis lurus dan diterapkan untuk semua asset kecuali bangunan, tanah tidak harus di depreasi. 
·         Metode LOCOM dipakai untuk menilai persediaan.  Pasar disini ditafsirkan sebagai net realizable value, sama dengan Inggris.  Metode FIFO dan weighted-average adalah metode yang paling banyak dipakai dalam menentukan cost, meskipun LIFO juga diizinkan.
·         Goodwill di kapitalisasi dan diamortisasi selama estimasi manfaat hingga maksimum 20 tahun
·         Biaya penelitian dan pengembangan di kapitalisasi hanya jika jumlah tersebut dapat dipulihkan dan cukup pasti.

5.       Inggris
Dua sumber utama untuk standar akuntansi keuangan di Kerajaan Inggris adalah
undang-undang perusahaan dan Profesi akuntansi.
Companies Act pada tahun 1985 menggabungkan dan memperluas legislasi lebih awal dan diubah pada tahun 1989 untuk mengakui EU seventh Directive. Semua perusahaan selain perusahaan kecil dengan kewajiban terbatas harus diaudit.CCAB (Consultative Committee of Accountancy Bodies), FRC (Financial Reporting Council, AIDB (Accountancy Investigation dan Discipline Board), POB (Professional Oversight Board)
Regulasi : Undang-Undang Perusahaan 1981 dan profesi akuntansi
Laporan keuangan : laporan direktur, akun laba dan rugi serta neraca, laporan arus kas, laporan keseluruhan laba dan rugi, laporan kebijakan akuntansi, catatan yang direferensikan dalam laporan keuangan, dan laporan auditor. Perusahaan kecil dan menengah dibebaskan dari banyaknya kewajiban laporan keuangan termasuk laporan gabungan, dan diizinkan untuk menyusun akun singkat dengan informasi minimun yang telah ditentukan sebelumnya.

3. soal no.12 : asumsikan dengan membandingkan rasio keuangan perusahaan dari dua negara yang di bahas dalam bab. Diskusikan praktek akuntansi diidentifikasi seperti tampilan 3-6 akan mempengaruhi perbandingan anda bagi masing-masing rasio dalam daftar.
Jawab :

Tabel 3-6
Ringkasan Praktik Akuntansi Signifikan
IFRS
PRANCIS
JERMAN
REPUBLIK CEKO
BELANDA
INGGRIS
Kombinasi bisnis: pembelian atau penyatuan
Pembelian
Pembelian
Pembelian
Pembelian
Pembelian
Pembelian
Goodwill
Kapitalisasi dan pengujian penurunan nilai
Kapitalisasi dan amortisasi
Kapitalisasi dan amortisasi
Kapitalisasi dan amortisasi
Kapitalisasi dan amortisasi
Kapitalisasi dan amortisasi
Asosiasi
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Metode ekuitas
Valuasi aset
Harga perolehan dan harga pasar
Harga Perolehan
Harga perolehan
Harga perolehan
Harga perolehan dan harga pasar
Harga perolehan dan harga pasar
Beban depresiasi
Dasar ekonomi
Dasar pajak
Dasar pajak
Dasar ekonomi
Dasar ekonomi
Dasar ekonomi
Valuasi persediaan LIFO
Tidak diizinkan
Tidak diizinkan
diizinkan
Tidak diizinkan
diizinkan
Tidak diizinkan
Kemungkinan rugi
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Pinjaman dana
Dikapitalisasi
Tidak dikapitalisasi
Tidak dikapitalisasi
Tidak dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Dikapitalisasi
Pajak tangguhan
Diakui
Tidak diakui
Tidak diakui
Diakui
Diakui
Diakui
Simpanan untuk manipulasi laba
Diakui tidak
Tidak diakui Digunakan
Tidak diakui Digunakan
Diakui sebagian
Diakui sebagian
Diakui sebagian

Daftar dibawah ini adalah rasio keuangan yang digunakan oleh analisis:
·         Likuiditas: rasio terkini; arus kas dari kegiatan operasi terhadap utang lancar
·         Solvabilitas: utang terhadap ekuitas; utang terhadap aset
·         Profitabilias: pengembalan aset; pengembalian ekuitas

1. Rasio Likuiditas 
Fred Weston dikutip dari Kasmir (2008:129):  menyebutkan bahwa rasio likuiditas (liquidity ratio) merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban (utang) jangka pendek.  
Dalam rasio-rasio likuiditas, analisa dapat dilakukan dengan menggunakan rasio sebagai berikut: 
a. Rasio Lancar (Current Ratio) 
Rasio lancar merupakan rasio untuk  mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek atau utang yang segera jatuh tempo dengan aktiva lancar yang tersedia
                      Aktiva  Lancar
Current ratio = ----------------------- x 100%
                        Hutang  Lancar

b. Rasio Cepat (Quick Ratio atau Acid Test Ratio) 
Rasio  cepat merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban atau utang lancar dengan aktiva lancar tanpa memperhitungkan nilai persediaan.
                      Aktiva  Lancar −Persediaan
Quick Ratio = --------------------------------- x 
                            Hutang  Lancar

2. Rasio Solvabilitas  
Menurut Fred Weston dikutip dari Kasmir (150:2008),  
Rasio Solvabilitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang dan mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh kewajibannya, baik jangka pendek maupun jangka panajang apabila perusahaan dilikuidasi (dibubarkan). Rasio yang digunakan adalah:  

a. Rasio Hutang Terhadap Aktiva (Total Debt to Asset Ratio) Rasio ini mengukur seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang atau seberapa besar hutang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva. Rumusnya dibawah ini
                                  Total  hutang
Debt to assets ratio = ----------------------- x 100%
                                  Modal  Aktiva

b. Rasio Hutang Terhadap Ekuitas (Total Debt to Equity Ratio) 
Rasio ini menunjukkan hubungan antara jumlah utang jangka panjang dengan jumlah modal sendiri yang diberikan oleh pemilik  perusahaan, guna mengetahui jumlah dana yang disediakan kreditor dengan pemilik perusahaan. 

                                  Total  hutang
Debt to equity ratio = ----------------------- x 100%
                                  Modal  Sendiri

3. Rasio Profitabilitas  
Menurut Sofyan Safri Harahap (2008:304),  “Rasio profitabilitas adalah kemampuan perusahaan mendapatkan laba  melalui semua kemampuan, dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang dan sebagainya”.
a.  Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin) 
Margin laba kotor adalah ukuran persentase dari setiap hasil sisa penjulan sesudah perusahaan membayar harga pokok penjualan.
                                        Laba Kotor
Gross Profit Margin = ----------------------- x 100%
                                         Penjualan

b. Margin Laba Operasi (Operating Profit Margin) 
Margin laba operasi adalah ukuran  persentase dari setiap hasil sisa penjualan sesudah semua biaya dan pengeluaran lain dikurangi kecuali bunga dan pajak, atau laba bersih yang dihasilkan dari setiap rupiah penjualan.
                                      Laba  setelah  pajak
Operating Profit Margin = ----------------------- x 100%
                                             Penjualan

c. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin) 
Margin laba bersih adalah ukuran persentase dari setiap hasil sisa penjualan sesudah dikurangi semua biaya dan pengeluaran, termasuk bunga dan pajak. 

                              Laba  setelah  pajak
Net Profit Margin = ----------------------- x 100%
                                   Penjualan

Sumber :
Choi D.S. Frederick & Meek K. Gary. 2005. AKUNTANSI INTERNASIONAL, EDISI 5 BUKU 1. Jakarta : Salemba Empat.




1 komentar:

Unknown mengatakan...









Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kem***-m*** tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,4D, 6D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D
DAN PESUGIHAN TUYUL

Posting Komentar